Universitas Muhammadiyah Cirebon

Universitas
Muhammadiyah Cirebon

Islami, Mandiri & Profesional

Penerima Hibah RisetMU Batch VII 2024 Meningkat Pesat, LPPM UMC Gelar Monev

Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Arif Nurudin MT mengatakan ada kenaikan signifikan jumlah proposal penelitian dosen UMC yang mengikuti Monitoring Evaluasi (Monev) Hibah RisetMU Batch VII 2024

“Ada 19 proposal risetmu 15 hibah dasar  dan 4 pengabdian pada masyarakat. Ada kenaikan secara kuantitas dari tahun sebelumnya,” ujar Arif di Gedung Djuanda UMC, Selasa 28 Mei.

Lebih lanjut, Arif menilai kenaikan jumlah dosen yang mengumpulkan proposal hibah merupakan indikator positif dari meningkatnya minat dan partisipasi dalam kegiatan riset.

“Dengan lebih banyak dosen yang terlibat dalam proses pengajuan proposal hibah, ada potensi untuk menghasilkan lebih banyak ide-ide inovatif dan beragam yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pengetahuan dan kemajuan masyarakat,” jelas Arif

Arif juga berharap bahwa riset-riset yang dijalankan akan memberikan dampak yang signifikan bagi pengembangan pengetahuan dan kemajuan masyarakat di Jawa Barat.

Kemudian, Wakil Rektor II UMC, Dr. Badawi saat menjadi reviwer untuk Hibah RisetMU Batch VII 2024 ini berpendapat bahwa semakin banyaknya dosen yang terlibat dalam riset adalah kabar positif karena ini menunjukkan peningkatan minat dan komitmen terhadap pengembangan pengetahuan dan inovasi.

Melalui riset, dosen dapat mengeksplorasi ide-ide baru, memecahkan masalah, dan berkontribusi pada kemajuan dalam berbagai bidang ilmu.

Selain itu, keterlibatan dosen dalam riset juga dapat meningkatkan kualitas pengajaran mereka, karena dapat membawa wawasan terbaru dan pengalaman langsung dari dunia riset ke dalam kelas.

” Upaya Bapak/Ibu dosen pengusul bakal membawa manfaat positif bagi perguruan tinggi, mahasiswa, dan masyarakat secara umum,” imbuh Badawi.

Sementara Ketua LPPM UMC, Tania Avianda Gusman. P.h.D mengatakan LPPM senantiasa memberikan pelayanan kepada para dosen untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal itu dilakukan dengan menggelar workshop penyusunan proposal penelitian. Menyelenggarakan klinik pendampingan penyusunan proposal serta  wokshop penyusunan luaran hasil penelitian dan pengabdiam masyarakat.

LPPM UMC, kata Tania, pun berikhtiar separipurna mungkin untuk memberikan cara agar proposal mudah lolos fokus pada skema penelitian terapan atau pengembangan. Memiliki tingkat ketersiapan teknologi. Penyusunan rencana anggaran belanja yang wajar dan rasional sesuai peruntukan. Menghasilkan luaran yang berpotensi paten dan dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional bereputasi.

https://umcpress.id/penerima-hibah-risetmu-batch-vii-2024-meningkat-pesat-lppm-umc-gelar-monev

Scroll to Top